Langsung ke konten utama

Harap-Harap Cemas

Kamis malam sekitar jam setengah dua belas malam aku mendapat telepon dari nomer asing, dengan kode telepon 021, Jakarta. “Halo, ini Faris ya ? sorry ganggu bentar lagi tidur ? ini Mate hai” ucap suara cowok dari telepon. “Hha.. iya ini Faris kenapa ya mas ?” jawabku kaget, campur shock. “Jadi gini, gue udah baca pesan elo di FB ama email, emang belum sempet gue bales sih tapi gue terima tulisan elo tentang pensi cresta itu, sekarang lagi gue edit” jawabnya.

What, alhamdulillah, beneran apa cuman mimpi nih ? antara sadar dan ga, aku coba mencubit tanganku Owh, ternyata sakit. Ini bukan mimpi. Hhm... dapat kabar ini rasanya campur aduk, senang, kaget, ga percaya, ngantuk pokoknya rame banget deh rasanya, permen aja masih kalah rame. Karena ga nyangka bakal dapet balasan secepat ini, karena aku ngirim naskahnya kan tadi siang (17/2), itupun dengan format yang acak-acakan. Setelah sekian detik shock, akhirnya aku berhasil menguasai keadaan dan mendengar ucapan mas Mate.

“Masalahnya tuh malam ini adalah deadlinenya, elo bisa ga sekarang online karena ada yang mau gue tanyain bentar tentang liputan ini, please... sepuluh sampai lima belas menit aja, bisa ?” lanjutnya.

“Waduh, kalo sekarang sih aku ga bisa mas, bisanya besok pagi jam delapan” perkataan bodoh, dibilangin deadlinenya malam ini juga. -__-

“Ehm... gini aja, gue minta waktu lo bentar bisa kan. Kita sms-an aja”

“Oh iya, gapapa sih mas kalo gitu, terus soal fotonya gimana ?”

“Foto gue masih belum liat, sekarang lagi ngedit tulisan lo sih, ya udah ntar kalau ada yang gue mau tanyain gue sms elo yak”

“Oke deh”

“Thanks ya, Ris” Klik... tuut...tuut...

Aku langsung mengambil laptop dan menekan tombol on. Aku sendiri ga tau kenapa tiba-tiba ingin menyalakan laptop, yang jelas aku ingin ngeliat tulisanku aja dan layout iseng-iseng yang aku bikin. Hhm... semoga tulisanku ini bener-bener bisa dimuat di Hai.

Tak berapa lama ‘Ya sudahlah’ berbunyi dari Hpku, 1 pesan diterima.

Hai Mate : Ris, brp tiket yang terjual?

Aku : Penghitungan kotor hari minggu sih dah 1500, udah melibihi target panitia. Panitia menargetkan 1500 penonton.

Hai Mate : Kamu ada kutipan dari angga ga soal cara publikasi yang efektif?

Aku : Bentar ya mas, aku dengerin rekamannya dulu.

Hai Mate : Ok

Aku : Jangan hanya mengandalkan brosur, pamflet dan spanduk. Datangin langsung ke beberapa sekolah ala spg untuk promosi langsung. Selain itu radio, twitter dan facebook juga sangat efektif untuk promosi.

Hai Mate : Ada tips detil promosi efektif via twitter ga ?

Aku : Ehm... ga ada, dia ga nyebutin itu sih.

Hai Mate : Klo foto2 ada yg band kliatan mukanya ga? Jgn yg dr belakang. Atw foto panitia lagi kerja pake topeng.

Aku : Hhm... bentar ya aku coba minta ke anak-anak panitia dulu.

Hai Mate : Emg kpn bs km email ?

Aku : Aku usahain malam ini sih.

Hai Mate : Foto apa ni? Band atw panitia ? Gw lbh suka foto panitia. Biar kliatan repotnya. Tp hrs pk topeng.

Aku : Foto band ama panitia mas.

Aku langsung mencoba menelpon Qpho dan Angga, tapi udah berkali-kali aku telpon ga ada yang ngangkat.

Hai Mate : Sip. Gw tgu yah, mksh lho.tulisan km udh bgs. Tinggal dipertjm aja.

Aku : Khe...he... thanks mas, masih belajar ini. Mksdnya dipertajam tuh kaya gimana ya mas ?

Udah sekitar sepuluh kali aku nelpon Qpho dan Angga, tapi mereka tetep ga ngangkat. Please... dong guys, angkat. Ga lucu kan kalo tulisan ini gagal dimuat hanya karena masalah foto. Udah hampir jam satu tapi mereka belum bisa aku hubungin, akhirnya aku pasrah dan mencoba sms mas Mate.

Aku : Mas, paling lambat fotonya jam berapa ? aku coba hubungin panita ga diangkat, tidurnya pules banget kayaknya.

Hai Mate : Smp bsk pagi jam 10. Gw nginep dikntor ko..

Aku : Oke deh, tak email besok pagi aja yah

Hai Mate : Siap! Thx ya

Hhhmm... syukurlah. Aku mencoba nelpon Qpho dan Angga, tapi hasilnya sama saja. Ya sudahlah, tidur lagi aja kali ya... Tapi sulit banget untuk memejamkan mata, pikiranku campur aduk ga karuan. Ya Allah, ga nyangka deh akhirnya tulisanku bisa masuk redaksi Hai juga, lebih cepat dari yang kubayangkan. Aku ngirimnya tadi siang, tapi sama sekali ga ada jawaban dari mas Mate, eh ternyata tengah malam dia nelpon aku Aku ngebayangin tulisanku di edit di kantor Hai lantai enam, terus dibawa turun ke pracetak masuk composing dilanjutkan ke P3, bagiannya mas Imam, kemudian di cetak lalu terbit dan beredar di pasaran. Voila... tulisanku masuk majalah nasional, Hai dan dibaca ratusan anak muda se-Indonesia. Sangat membanggakan karena ini adalah tulisan liputan pertamaku dan bisa membantu publikasi teman-teman SMAN 5 Malang.

Aku juga berfikir sendiri, gila ya mas Mate jam segini masih aja kerja. Yakin lo mau kerja di Hai ? kerjanya ampe tengah malam gini loh ? pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang tiba-tiba ada dalam kepalaku. Tapi buatku itu ga masalah sih. Kalau kita kerja sesuai dengan passion kita, seberat atau sekeras apapun kerjaan kita, kita nggak akan ngerasa terbebani kan ? karena kita ngerjainnya dengan fun, tanpa beban dan penuh tanggung jawab. Hhm... kapan ya aku bisa sampai disana, kerja ampe larut malam gini. Mimpi-mimpi itu mulai muncul lagi dalam kepalaku, dan perlahan tapi pasti aku udah masuk di alam mimpi, alam dimana hanya aku dan Tuhan yang tahu.

Jam delapan pagi aku masih belum nerima kiriman foto. Waduh, gawat nih jangan sampai tulisanku ini gagal dimuat hanya karena foto aja. Mungkin saat ini Angga masih sibuk dengan pelajarannya di sekolah. Barulah sekitar pukul 09.57 aku nerima email Angga dan langsung aku forward ke Mas Mate, syukurlah tepat waktu sebelum deadline. Saat aku lihat foto yang Angga kirim, Ehm... kok fotonya masih gini-gini aja ya ? foto saat di panggung masih ga jelas, dari samping lah, dari belakang lah, ga ada yang keliatan mukanya.

Ya sudahlah berdering. 1 pesan diterima. Hai Mate.

‘Gubrak.fotonya nampang semua.ga ada yg lagi kerja ya?’

‘Iya mas, foto pengisi acara juga masih belum jelas. Aku mintain lagi ke anak-anak ya. Ehm, mas kira2 tulisan ini tuh dimuat di hai edisi berapa ya ? terbit tanggal berapa ?’ Mengirim Hai Mate. Terkirim.


Aku minta Angga ngirim foto lagi yang lebih bagus, tapi dia bisa ngirim setelah shalat Jumat. Hhm... semoga aja masih keburu. Tapi foto kiriman ke dua ini juga ga jauh beda ama yang pertama, ga ada yang fokus. Gila, gayanya aja mereka pake kamera digital yang canggih N keren tapi hasilnya ga sebagus yang aku bayangkan. Sejak saat itu sms ku dah ga di bales lagi ama Mas Mate. Endingnya jadi abusrd, aku ga tau tulisanku jadi dimuat atau ga ? semua hanya gara-gara foto. Sejak saat itu aku punya tekad, pokoknya aku harus belajar motret N nabung buat beli kamera sendiri. Sampai dua hari ga ada kabar apapun. Setauku kalau tulisan kita dimuat di media, kita bakal dapet honor kan ? lha ini, sampai sekarang aku juga ga ada kabar tentang hal itu, tanya rekeningku aja ga ?

Jadi, kesimpulannya... Hhm, walaupun sebenernya aku juga ga mengharapkan dapet honor juga sih, yang penting tulisanku bisa dimuat di majalah Hai aja, udah syukur Alhamdulillah banget... semua ini karena aku ingin membuktikan kalau aku bisa, kalau usahaku ini ga sia-sia. Kepada mereka yang meragukan dan memandangku sebelah mata. Kepada mereka yang merendahkan dan meremehkan kemampuanku. Ya Allah ridhoi dan lancarkanlah tulisanku agar bisa dimuat di hai dong, please... Amien. Hasilnya, kita tunggu aja Hai yang terbit 2-3 minggu ke depan, sekitar tanggal 28 februari, 7 maret atau 14 maret. Semoga ada keajaiban yang terjadi... Amien.


Iseng-iseng bikin Layout sendiri, khe...he...he...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIZKY MAHODENK, FROM ZERO TO HERO

Rizky Aditya Putra, pemuda 21 tahun asal Kalimantan Tengah sukses berwirausaha di bidang indie clothing dengan brand Mahodenk Hero. Berawal dari keprihatinannya karena generasi muda saat ini banyak mengidolakan super hero asing. Mahodenk Hero beraksi dengan design-design super hero asli Indonesia, agar para jagoan lokal bisa dikenal dan eksis lagi. Dari modal awal yang berasal dari tabungannya sendiri, kini ia bisa meraih omzet sekitar 20 – 50 juta rupiah perbulan. Dialah Rizky Aditya Putra atau biasa di panggil dengan Rizky Mahodenk ini mengawali bisnisnya saat ia baru masuk kuliah di Jurusan menejemen Fakultas ekonomi, Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya ia mencoba bisnis berjualan bunga. Ia membeli bunga di Malang kemudian menjualnya ke kampung halamannya di Kalimantan Tengah. Tapi bisnis ini tidak begitu sukses. Kemudian ia terpilih sebagai Ketua pelaksana inaugurasi FE UNIBRAW 2008, “Di acara itu saya ingat sekali acaranya minus belasan juta, dikarenakan banyaknya pengeluara

JURNALISTIK JALANAN, Tugas Besar Para Jurnalis

Ketika mayoritas orang bergembira menyambut libur lebaran, ketika mayoritas orang mulai pulang ke kampung halaman, ketika mayoritas orang bersenda gurau dengan sanak kelurga. Mereka, 'Jurnalis Jalanan' memulai tugas besarnya. Halooo…. Wah ternyata udah lama ya aku nggak nulis di blog ini. Kesibukan, adalah alasan aku jarang update nulis di blog. Sebenarnya banyak banget yang pengen aku tulis sekarang, mulai dari keseruan jalan-jalan ke MTD bersama Andrey dan Reiza, Suka duka ngerjain Program berita ‘The Expose News (TEN)’ Tugas Dasar-dasar Jurnalistik, Pengalaman menjadi kontributor majalah Hai, ketemu dengan sahabat-sahabat baru di ‘Sahabat 5cm’, tentang novel ‘2’ yang banyak quote-quote keren,  sampai tentang program ‘Metamorphoself’ku yang berisi planning dan mimpi-mimpi baruku. Tak ketinggalan tentang Hari raya idul fitri 1432 H, yang terasa banget bedanya dibanding saat aku kecil dulu. Karena terlalu banyak yang ingin ku tulis, jadinya binggung sendiri mau nulis yang man

Sekilas Profil Finalis Cak & Yuk Kab.Pasuruan 2012

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya terpilihlah 10 Pasang Finalis Cak dan Yuk Kabupaten Pasuruan 2012. Untuk mengenal lebih jauh tentang ke sepuluh pasang tersebut, berikut adalah sekilas tentang profil mereka. (versi Faris Diggory) 1. Cak Sony Nama lengkapnya adalah Sony Manggala Putra. Merupakan satu-satunya Cak wakil dari Kecamatan Prigen. Cak yang memiliki tinggi badan 179 cm ini, kuliah di Universitas Brawijaya Malang jurusan Ilmu Administrasi Negara. Cak kelahiran 17 September 1990 ini, mengidolakan sosok Ir.Soekarno dengan kutipan favoritnya ‘Kita adalah Bangsa yang besar. Jangan Jiplak budaya lain’. Sifatnya yang ramah, smart dan dewasa (salah satu angkatan tua, khe..he..he..) membuat finalis yang lain menjulukinya sebagai ‘Oom’. Kini hari-hari Cak yang suka dengan warna hitam dan hobby berolahraga ini disibukan dengan urusan Skripsi. Semangat Cak Sony... !!! Buntuti Cak Sony di @ Sony_By 2. Yuk Hanum Altina Hanum Primadhani, merupakan