Langsung ke konten utama

Tugas Mata Kuliah : Perkembangan Teknologi Komunikasi

TEKNOLOGI INTERNET DALAM ERA WEB 2.0 
Oleh : Faris T.H (102022000010)
Picture by Shutterstock.com
Kemunculan internet di pertengahan tahun 90-an sering disebut orang sebagai era web 1.0. Dimana orang hanya memindahkan media tradisional ke jaringan internet. Orang mengakses informasi lewat situs untuk mencari informasi, tak ubahnya seperti melihat artikel di Koran dan Majalah. Mungkin bedanya hanya soal update tulisannya sangat unggul dibandingkan dengan media cetak. Pada web 1.0 posisi kita adalah komunikan, sementara pengelola situs adalah komunikatornya. Namun kini sudah berbeda, saat kita menggunakan internet kegiatan yang kita lakukan tidak hanya browsing mencari data atau informasi saja, tapi sudah berkembang menjadi lebih variatif seperti bersosialisasi dengan teman ataupun sekedar menulis opini. Perkembangan internet semacam ini dikenal dengan istilah Web 2.0.

KELAHIRAN WEB 2.0
Tim O’Reilly adalah orang yang mempopulerkan istilah web 2.0. Tepatnya di tahun 2003 saat dia presentasi tentang konsep situs di masa depan. Menurutnya sistem yang ada saat itu, web 1.0 bakal berkembang menjadi system yang lebih kompleks. Kalo dulu cuma pemilik situs yang bisa otak-atik data di situsnya, begitu sistem web 2.0 digunakan, semua orang bisa memasukkan data di situs bersangkutan.
Menurut O’Reilly contohnya seperti Encyclopedia Britanica Online dan Wikipedia. Keduanya adalah jenis ensiklopedia online. Tapi dari sistemnya jelas jauh berbeda. Encyclopedia Britanica Online hanya menggunakan data satu arah. Artinya, hanya pengelola situsnya saja yang bisa menulis ensiklopedianya. Lain halnya dengan Wikipedia. Semua orang bisa menulis, menghapus bahkan memperbaiki artikel yang ada di ensiklopedia ini. Hasilnya seperti  yang diramalkan O’Reilly. Teknologi di dunia maya bukan lagi pemikiran satu orang, taph menjadi banyak orang.
Interaktif. Itulah kata yang pas untuk menggambarkan sosok web 2.0. tidak seperti web 1.0 , karena sistem ini dirancang untuk bisa menjadi saluran tukar menukar informasi secara data dua arah (two way side). Contohnya, kita bisa mengirim data berupa foto di Facebook, sementara di tempat lain teman kita bisa memberikan komentar tentang foto kita. Bukan hanya itu. Sistem interaktifnya, memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli lewat dunia maya. Situs yang menyediakan fasilitas ini adalah Ebay dan Amazon, atau Kaskus dan Jual beli bagus untuk situs lokalnya. Bahkan pemasaran produk sederhana juga bisa kita lakukan lewat blogspot ataupun Facebook.
Era web 2.0 membawa kita ke pergaulan dunia maya yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Berbagi video dengan YouTube, berbagi foto dengan Flickr, menjadi Citizen Journalism lewat Blogspot, bernarsis ria via Facebook, maupun berceloteh dalam Twitter. Jejaring sosial ini mempunyai keistimewaan dan cirinya tersendiri, misalnya :
1.   FACEBOOK
Nggak bisa dipungkiri, sebelum mengenal Facebook, kita lebih dulu mengenal Friendster. Hanya saja Facebook lebih unggul dalam pengembangan fitur. Fitur notes, photo tagging dan video sharing-nya dianggap pioneer dari social media lainnya dan pilihan Likes dengan icon Jempol untuk menyukai postingan di Facebook yang menjadi ciri tersendiri dari Jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini.
Fenomena Facebook : Dukungan 1 juta suara Facebookers untuk Bibit – Chandra dalam kasus KPK vs Polri, berhasil membangun sebuah kekuatan rakyat dalam mendesak pemerintah untuk mengurusi masalah korupsi serius. Kasus Prita vs RS Omni Internasional berhasil ,mengedepankan hak-hak konsumen.
Jumlah User di Indonesia : 43,06 juta menempati posisi ke-3 dunia (data terakhir situs Socialbakers Com)
2.  TWITTER
Apa yang ingin kita sampaikan dalam 140 karakter ? itu tantangannya selain mendapatkan follower sebanyak-banyaknya. Entah karena kita banyak teman, atau memang layak digemari orang lain. Twitter memang lebih sederhana bila dibandingkan dengan Facebook, hanya memberikan ruang untuk beropini secara terbatas, namun hal inilah yang menjadi keunikan dan keuungulan Twitter. Obrolan para Tweepeole yang sedang hot dibicarakan akan di rating melalui Twitter Trending Topics.
Fenomena Twitter : @Poconggg, adalah salah satu fenomena pengguna Twitter di Indonesia. Dengan menggunakan nama akun yang unik serta menulis kalimat-kalimat yang lucu dan konyol @Poconggg bisa menjaring lebih dari 1 juta followers. Uniknya lagi si @Poconggg ini tidak menjadi 1 follower pun. Walaupun identitas pemilik akun ini telah terbongkar beberapa waktu yang lalu namun @Poconggg masih tetap eksis bahkan bisa menghasilkan sebuah buku dan film.
Lain halnya dengan Bripda Saiful Bahri, berkat fotonya saat bertugas di upload oleh seorang cewek ke Twitter, Polisi tampan asal Jawa Barat ini langsung terkenal dan menjadi perbincangan di dunia maya. Kini dia pun sering muncul di Televisi.
Jumlah User di Indonesia : 19,5 juta menempati posisi ke-5 (data sebelum Januari 2012 oleh semiocast.com)
3. YOUTUBE
Banyak video hasil citizen journalism yang menggegerkan lewat jejaring sosial ini. Video amatir maupun video dokumenter banyak tersedia disini.
Fenomena Youtube : Masih ingat dengan Video lipsing ‘Keong racun’ Shinta Jojo ? Ya, karena kecentilannya dalam video tersebut membuat 2 mojang asal Bandung ini langsung terkenal, masuk majalah, menjadi bintang tamu di Televisi, bahkan sampai masuk dapur rekaman.
Hal serupa juga diikuri oleh Udin yang eksis melalui lagu ‘Udin sedunia’ dan Briptu Norman Kamaru, yang terlihat konyol dalam video lipsing ‘Chaya-chaya’ saat ia bertugas di pos penjagaan lengkap dengan seragam Brimobnya.
4.  BLOGSPOT
Situs Blogging yang terkenal karena memiliki banyak fitur interaktif dan pencatatan data kunjungan orang ke blog kita. Dalam Blog kita bisa bebas menuliskan apa saja, menulis tentang pengalaman pribadi atau menjadi Citizen Journalism dengan menuliskan berita-berita di sekitar kita .
Fenomena Blogspot : Melalui blog-nya ‘Kambing Jantan’ Raditya Dika yang menulis tentang pengalaman hidupnya saat kuliah di Australi, berhasil membuatnya menjadi penulis muda yang mempunyai banyak penggemar. bahasanya yang sederhana terkadang konyol menjadi ciri tersendiri Raditya Dika. Bahkan karyanya telah dijadikan menjadi novel dan film.
Jumlah User di Indonesia : 4 juta (dari data pesta blogger nusantara 2011 okezone.com)

DAMPAK POSTIF DAN NEGATIF WEB 2.0

Segi positf situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Blogspot adalah produk produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan, termasuk para remaja. Dengan layanan ini, kita dapat berkomunikasi dengan teman lama serta memperluas jaringan pertemanan dengan mudah. Selain itu juga membuat kita bisa bebas berkomunikasi dengan orang dengan jarak jauh dengan biaya yang murah. Kita bisa menyalurkan hobby menulis dan  menjadi citizen journalism yang senantiasa ingin mengabarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita.
Namun, disamping sisi positif, jejaring sosial di dunia maya juga mempunyai pengaruh negatif antara lain, kesadaran tdntang seluk-beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang. Tanpa kita sadari situs jejaring sosial juga akan membuat kita lebih mementingkan diri sendiri. Kita menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar kita, karena menghabiskan waktu bersosialisasi di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurangnya rasa empati di dunia nyata. Selain itu banyak nya informasi yang ada di dalam internet tanpa adanya sumber yang dapat dipertanggung jawabkan sepatutnya juga harus membuat kita berhati-hati dalam menerima informasi.

Sumber :
Majalah Hai edisi 7-13 Desember 2009 TH XXXIII No.49
Majalah Hai edisi 2-8 Januari 2012 TH XXXVI No.01




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIZKY MAHODENK, FROM ZERO TO HERO

Rizky Aditya Putra, pemuda 21 tahun asal Kalimantan Tengah sukses berwirausaha di bidang indie clothing dengan brand Mahodenk Hero. Berawal dari keprihatinannya karena generasi muda saat ini banyak mengidolakan super hero asing. Mahodenk Hero beraksi dengan design-design super hero asli Indonesia, agar para jagoan lokal bisa dikenal dan eksis lagi. Dari modal awal yang berasal dari tabungannya sendiri, kini ia bisa meraih omzet sekitar 20 – 50 juta rupiah perbulan. Dialah Rizky Aditya Putra atau biasa di panggil dengan Rizky Mahodenk ini mengawali bisnisnya saat ia baru masuk kuliah di Jurusan menejemen Fakultas ekonomi, Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya ia mencoba bisnis berjualan bunga. Ia membeli bunga di Malang kemudian menjualnya ke kampung halamannya di Kalimantan Tengah. Tapi bisnis ini tidak begitu sukses. Kemudian ia terpilih sebagai Ketua pelaksana inaugurasi FE UNIBRAW 2008, “Di acara itu saya ingat sekali acaranya minus belasan juta, dikarenakan banyaknya pengeluara

JURNALISTIK JALANAN, Tugas Besar Para Jurnalis

Ketika mayoritas orang bergembira menyambut libur lebaran, ketika mayoritas orang mulai pulang ke kampung halaman, ketika mayoritas orang bersenda gurau dengan sanak kelurga. Mereka, 'Jurnalis Jalanan' memulai tugas besarnya. Halooo…. Wah ternyata udah lama ya aku nggak nulis di blog ini. Kesibukan, adalah alasan aku jarang update nulis di blog. Sebenarnya banyak banget yang pengen aku tulis sekarang, mulai dari keseruan jalan-jalan ke MTD bersama Andrey dan Reiza, Suka duka ngerjain Program berita ‘The Expose News (TEN)’ Tugas Dasar-dasar Jurnalistik, Pengalaman menjadi kontributor majalah Hai, ketemu dengan sahabat-sahabat baru di ‘Sahabat 5cm’, tentang novel ‘2’ yang banyak quote-quote keren,  sampai tentang program ‘Metamorphoself’ku yang berisi planning dan mimpi-mimpi baruku. Tak ketinggalan tentang Hari raya idul fitri 1432 H, yang terasa banget bedanya dibanding saat aku kecil dulu. Karena terlalu banyak yang ingin ku tulis, jadinya binggung sendiri mau nulis yang man

Sekilas Profil Finalis Cak & Yuk Kab.Pasuruan 2012

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya terpilihlah 10 Pasang Finalis Cak dan Yuk Kabupaten Pasuruan 2012. Untuk mengenal lebih jauh tentang ke sepuluh pasang tersebut, berikut adalah sekilas tentang profil mereka. (versi Faris Diggory) 1. Cak Sony Nama lengkapnya adalah Sony Manggala Putra. Merupakan satu-satunya Cak wakil dari Kecamatan Prigen. Cak yang memiliki tinggi badan 179 cm ini, kuliah di Universitas Brawijaya Malang jurusan Ilmu Administrasi Negara. Cak kelahiran 17 September 1990 ini, mengidolakan sosok Ir.Soekarno dengan kutipan favoritnya ‘Kita adalah Bangsa yang besar. Jangan Jiplak budaya lain’. Sifatnya yang ramah, smart dan dewasa (salah satu angkatan tua, khe..he..he..) membuat finalis yang lain menjulukinya sebagai ‘Oom’. Kini hari-hari Cak yang suka dengan warna hitam dan hobby berolahraga ini disibukan dengan urusan Skripsi. Semangat Cak Sony... !!! Buntuti Cak Sony di @ Sony_By 2. Yuk Hanum Altina Hanum Primadhani, merupakan