Langsung ke konten utama

Bertemu Ilham Obama di LA Streetball 2010

LA Streetball hadir lagi di Kota Malang. Open Run digelar tanggal 7-8 Agustus 2010. Beda dari tahun lalu yang berlokasi di DOME UMM, tahun ini acara LA Streetball ngambil venue outdoor tepatnya di Lapangan Rampal Malang. Sekitar jam 4 sore aku datang bareng Brother Djik N Brother Ikang (Jiiiaahh... sok hip-hop banget sih...? Biarin, namanya juga ke streetball) saat itu venue masih belum terlalu rame walau pertandingan Open run-nya udah digelar. Karena kami ga begitu tertarik dengan pertandingan Open run (secara kami juga ga punya tim buat di dukung) maka kami pun memutuskan buat hunting kaos dulu di both yang ada disana. Sebenernya kami punya motivasi lain dateng ke acara ini. Ikang dan Djik pengen liat aksi para Rapper buat perbandingan dengan skill yang ia miliki (Yups, jangan salah jelek-jelek gitu Ikang bisa nge-Rap juga loh, kalo Djik merasa dirinya 'mirip' ma Tito F2B, aku sih ga tau juga yg dia maksud mirip tuh skill ngeRap ma Beat Box-nya apa postur tubuhnya wakawakawkwk ...)di Malang emang jarang banget ada acara hip hop N urban style kaya gini.

Kalo buatku, Acara Streeetball memberiku kesempatan buat ketemu ama Orang Hai . Kalo tahun lalu yang bertugas ngeliput acara ini adalah Mas Mate, buat tahun ini yang dapet giliran adalah Mas Ilham Obama. Sebenernya aku agak heran juga sih, dia kan Fotografer ? kok dapet tugas liputan juga ya ? Hari makin gelap, sorotan lampu mulai menerangi lapangan, tapi aku masih belum ketemu ama Mas Ilham. Aku celingak-celinguk dari tribun satu ke tribun yang lain, dari pintu masuk, sampai tempat both-both dan tenda panitia, aku masih belum melihat sosok pria yang mirip Obama itu. Apa jangan - jangan dia ga datang hari ini ? Hhmm... daripada penasaran ga jelas, aku sms aja ke Mas Mate, tentang kejelasan siapa sebenernya orang Hai yg ngeliput acara ini. Saat Maghrib tiba acara di break sampai jam 7 malam. Kami bertiga pun memutuskan untuk Shalat Maghrib dan cari makan dulu.

Setelah shalat Maghrib kami memutuskan buat beli Nasi goreng yang ada di luar lapangan. Djik dan Ikang cabut bentar ke Ramayana karena ada urusan, jadilah aku ditinggal sendiri nunggu nasi goreng. Nggak lama sepeninggal Djik dan Ikang, aku ngeliat seorang pria pake tas ransel jalan kearah lapangan, dia memakai topi putih bertulis 'ILHAM', woow dia kah Mas Ilham Hai, kayaknya sih emang dia cos saat makin dekat dia ternyata emang mirip dengan Obama.

" Sory, Mas Ilham Hai-ya ?" sapaku SKSD.

"Iya, Faris ya ?"jawabnya.

"Loh kok tau ?" .

"Iya tadi si Mate sms gue, katanya ada temennya yang pengen ketemuan" katanya menjelaskan.

'Oh gitu toh ceritanya kirain orang ini punya sixth sense, khe...he...he...'

Awalnya sih aku agak canggung dan minder, secara dia kan udah terkenal. Baru ngobrol beberapa menit ternyata orangnya welcome, ramah dan rendah hati banget.

"Mas, emang fotografer dapet tugas liputan juga ya ?" tanyaku penasaran dengan pertanyaan yang dari tadi muter-muter di kepala.

"Ya, nggak selalu sih. Ini kan termasuk liputan Advetorial, jadi pihak klien (LA) ingin saat jadi artikel di majalah nanti, foto yang ada untuk liputan acara ini bagus-bagus. Karena gue fotografer dan kebetulan juga suka nulis jadi gue-lah yang dapet tugas ngeliput disini. Sebenernya sih kalau liputan advetorial gini juga tergantung klien, ada yang mau pake reporter biasa ada yang agak rewel kaya LA ini" Mas Ilham menjelaskan, "Kalau kamu emang suka ke acara basket-an kaya gini ya ?" tanyanya.

"Ehm... sebenernya kalo acara basketnya sih aku ga begitu suka ya. Aku kesini karena pengen liat Beat boxer ama Rapper aja sih, karena aku suka musik hip hop gitu" jawabku jujur (dan pengen ketemu ama orang hai aja)

"Oh... suka musik hip hop. berarti suka ama si ini dong... Bondan feat fade two black"

"Waah.. suka banget mas"

"Udah punya albumnya ?"

"Hhmm... lengkaplah. respect, unity ma for all aku udah punya semua"

"Gue juga suka tuh ama Bondan. Kita sering ketemu Bondan , anaknya baik dan rendah hati. Kalau lagunya yang paling gue suka ya yang Ya sudahlah itu. Musiknya enak eazy listening gitu"

"Wah kalau aku hampir semuanya suka deh, abis lagu-lagunya itu memotivasi banget"

Lagi seru-serunya ngobrol Djik dan Ikang datang. Kami bertiga pun langsung menyantap nasi goreng, agak ga enak juga sih karena Mas Ilham ga ikutan makan cos dia abis makan sate.

Obrolan pun terus berlanjut, kali ini lebih banyak tentang diriku. Tentang rumahku yang sebenernya bukan di malang, tentang kerjaanku sekarang, tentang masa-masa sekolahku dulu. Aku juga cerita tentang pengalamanku saat Magang di Pracetak Majalah empat tahun lalu. Ternyata dia juga banyak kenal orang Pracetak , seperti Mas Cipul yang jago main bola ama rajin ke masjid, Mas Rudolf (salah satu aremania di pracetak), Mas Kabul yang mirip Indro Warkop dan Bang Bani betawi tulen.

Lalu Mas Ilham cerita pengalamannya saat kerja di 'NOVA' Surabaya dulu. Dia juga cerita tentang di balik dapur redaksi Hai, gimana sistem dan suasana kerja disana, tentang karakter orang-orang disana. Seperti Mas Mate yang rajin beribadah, Mas Yorgi yang sayang keluarga, Mbak Hj.Ayu (secara, dia kan udah Haji ya...) yang polos dan apa adanya banget sampai terkesan cerewet, Oom Daus yang walaupun rambutnya udah banyak yang putih tapi tetap berjiwa muda, Hhmm... kayaknya dalam kantor redaksi majalah yang berlokasi di lantai enam Gedung Gramedia Majalah ini berisi orang-orang bervariasi dan selalu berjiwa muda (secara...kerja di majalah remaja, yang selalu berhubungan dengan anak-anak sma) Dia juga memberitahuku tips dan kiat untuk jadi orang media (khususnya media cetak) yang baik dan benar.

"Yang penting kalau kamu mau kerja di Majalah itu harus punya ide-ide yang kreatif" kata Mas Ilham serius.

"Oh gitu ya"

"Iya, walaupun tulisan kamu itu jelek tapi kalo ide kamu bagus dan fresh pasti bakal dipake. Karena yang mahal harganya itu adalah ide, yang terpenting dalam majalah itu idenya kalo tulisan nanti kan juga ada editornya."

Hhhmm... aku manggut-manggut, "kaya keong racun kemarin ya mas, Hai kan media pertama yang ngeliput Jojo dan Shinta ?"

"Yups. Dan tau ga, itu yang motret si Jojo kan gue"

"Oh ya ?"

"Iya, dan itu butuh perjuangan yang lumayan loh. Gara-gara waktu itu kan kebetulan lagi heboh video mesum artis, nah tiba-tiba gue dateng ke keluarga Jojo buat minta izin ngeliput Jojo tentang video yang dia bikin. Nah saat itu kan video keong racun belum happening, keluarganya sempet ketakutan dan ga ngasih izin, mereka kira Jojo itu bikin video yang mesum juga."

"Terus, terus..."

"Ya setelah lama gue jelasin dan rayu, akhirnya mereka ngasih ijin juga. Karena udah deadline pemotretan pun dilakukuin di rumah Jojo saat itu udah malem sekitar jam sepuluhan keatas . Kalau Shinta gue ga berhasil dapet ijin dari keluarga dan pihak kampusnya. Karena ya itu tadi, mereka kira video Shinta itu video mesum juga."

"Ooh... jadi karena itu yang ada di cover cuman Jojo doang"

Kelar makan kita langsung kembali ke dalem buat nonton Streetball lagi, kali ini tribun udah penuh dengan penonton dan para supporter masing-masing tim, serta anak gaul malang pada umumnya. Kita duduk di tribun atas. Sayangnya Kita duduk berpisah, aku dan Mas Ilham duduk agak jauh dari Djik dan Ikang. Kali ini yang bertanding adalah team Go Stream (Malang) melawan Blitar Ballkids (Blitar). Pertandingan lumayan seru, kedua tim saling mengejar skor namun dari segi skill kayaknya Go Stream lebih unggul. Dari Supporter juga gitu, supporter Go Stream banyak banget (secara anak malang sendiri ya) mereka menerakkan yel-yel sambil menabuh galon Aqua, pokoknya udah kaya nonton Arema gitu deh. Dentuman musik hip hop dari sang DJ semakin membuat suasana malam itu jadi asyik. Walaupun angin malam berhembus lumayan kencang tapi hal ini ga mampu menyurutkan para Ballers untuk bertanding dan teriakan para supporter. Oh iya, ternyata saat team BM Bee bertanding, ada salah satu ballers-nya yang aku kenal and he is... IWAK( buat temen-temen grafika tahukan, Islahudin anak PD 2 angakatan 2007). Sebenernya sih aku ga kenal-kenal banget cuman tahu aja kalo dia anak grafika angkatanku.

"Oh iya, Mas paling suka itu kalo dapet liputan kaya gimana sih ?" tanyaku disela-sela break pertandingan.

"Ehm, kalo acaranya kaya gini sih masih enak. Tapi kalo yang aku sukain itu lebih yang tentang Human interest" jawabnya.

"Ooh gitu, terus yang paling berkesan ?"

"Pas liputan Tsunami Aceh. Gue emosional banget saat ngeliput para korban. Ya tentunya kita juga harus jaga perasaan mereka karena lagi kena musibah kan."

Aku manggut-manggut, salut juga sih gimana ya rasanya saat kita dapet tugas ngeliput ke daerah bencana kaya gitu.

"BTW nama elo emang Faris Diggory ?" tanya Mas Ilham.

"Oh enggak. Diggory itu salah satu nama karakter di Harry Potter"

"Oh, jadi suka Harry Potter, terus Diggory itu yang mana sih ?"

"Yang di buku ke empat itu loh, yang di bunuh Lord Voldemort saat turnamen triwizard"

Mas Ilham manggut-manggut, "Kalo aku suka liat yang seri berapa itu, yang ngebebasin orang jahat padahal sebenernya baik"

"Ooh itu yang ketiga, Sirius Black kan maksudnya yang kabur dari penjara Azkaban. Aku juga suka yang itu. Cuman sayang, kalo menurutku film Harry potter lima dan enam kurang seru dan greget daripada film-film sebelumnya."

"Kalo kamu suka Harry Potter kalo gue suka Lord of the ring" kata Mas Ilham, "Oh iya, lo mau ya gue foto " lanjutnya

DAARRRR!!! rasanya jantungku mau cobot (lebay deh...) "buat apa'an mas ?" tanyaku penasaran.

"Yeah buat komentar aja tentang acara ini" jawabnya

"Tapi kan aku bukan anak sma, lagian aku juga ga ngerti-ngerti banget tentang basket"

"Justru karena itu alasan lo kesini kan emang beda, lo pengen liat Beat box ama rappernya kan ?"

"Ehm.. iya sih aku lebih suka pengen liat itunya. Apalagi kalo ada bintang tamu Bondan frat Fade2Black pasti lebih seru kayaknya, khe...he..he.."

"Oke deh kao gitu mau ya gue foto, ntar masuk Hai"

Aku tersenyum, saat itu yang ada di fikiranku bukan karena dimintai komentar N dapet kesempatan nampang di Hai (walaupun cuman fotonya close up dan kecil banget, aku tau banget itu...) tapi karena berkesempatan di foto ama Mas Ilham, seorang fotografer majalah Hai (kha...ha...ha... malah tambah norak).
CEKREK...!!! Mas Ilham ngeliat ke kamera, "Ah.. lo kurang senyum sekali lagi ya"

Ups, nervous tau ga tau pose yang bagus itu kaya gimana. Oke aku mencoba untuk tersenyum manis.

CEKREK...!!! "Nah, gini lumayan bagus"

Huuhh, syukurlah kameranya ga rusak abis buat motret aku, khe...he...he... "Oh, iya sekarang kita foto bareng dong mas "pintaku, kapan lagi ya bisa foto ama Ilham Obama.

"Boleh" kata Mas Ilham sambil minta tolong motretin ke seorang cowok yang duduk di bawah kita.

Jadinya sekarang bukan nonton pertandingan kita malah foto-fotoan. Tak lama Ikang sms aku 'Cie...mau dong di foto'. Aku hanya membalasnya dengan senyuman. Setelah sesi pemotretan (Cielah....gaya lo...) selesai kita pun kembali ngeliat pertandingan (yang kali ini entah team apa ngelawan team apa) kita ngobrol - ngobrol lagi. Dan saat jam menunjukkan pukul jam sembilan malam, Mas Ilham pamit mau kembali ke hotel dulu.

"Gue balik ke hotel dulu ya, Ris"

"Loh ga sampe abis mas ?"

"Ehm, untuk hari ini cukup liat-liat suasananya aja deh. Besok baru kerja beneran mulai siang ampe bubaran, lagian gue juga capek banget."

"Ooh, gitu oke deh besok kalo aku main kesini lagi kita sharing lagi ya"

"Siip, gue cabut dulu ya."

Setelah jabatan tangan N pamitan ke Djik dan Ikang, Mas Ilham pun turun dari tribun dan pergi meninggalkan acara. Aku pun langsung pindah tempat duduk gabung ke Djik dan Ikang.

"Ciiee... ngapain aja sih tadi ampe foto-foto segala ?"tanya Ikang penasaran.

"Hhm, ya cuman ngobrol-ngobrol doang."jawabku santai.

"Eh, guys mana nih Beat box ama rappernya kok ga main-main ?"tanya Djik tiba-tiba.

"Iya juga ya, padahal udah malem gini apa jangan-jangan besok lagi ?" tanya balik Ikang.

"Hhmm... kayaknya sih gitu, kan acaranya bentar lagi selesai" kataku.

Dan ternyata dugaanku benar. Sampai acara bubar nggak ada performance B-Boy battle, Rap battle, beat Box N free style battle. Ternyata eh ternyata untuk B-Boy battle, Rap battle, beat Box N free style battle itu diadain besok, di hari kedua. Ya sudahlah.... setidaknya kami pulang nggak membawa tangan kosong, cos Djik N Ikang bawa bungkusan kaos masing-masing, sedangkan aku.... punya pengalaman sharing dengan salah satu crew Hai dan dapet selembar coretannya aja itu udah lebih dari cukup. Jarang-jarang kan mereka liputan ke Malang. See you next year in LA Streetball 2011... (dengan crew Hai yang lain lagi pastinya )
Nb : Dari hasil pengamatan lapangan, saya menemukan seorang cewek memakai sandal Nice dan seorang cowok memakai sandal Hawaii Germany *itu designan ku loh.... narsis mode on* (syukurlah ternyata sandal kita masih ada yang make, khe...he...he...)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIZKY MAHODENK, FROM ZERO TO HERO

Rizky Aditya Putra, pemuda 21 tahun asal Kalimantan Tengah sukses berwirausaha di bidang indie clothing dengan brand Mahodenk Hero. Berawal dari keprihatinannya karena generasi muda saat ini banyak mengidolakan super hero asing. Mahodenk Hero beraksi dengan design-design super hero asli Indonesia, agar para jagoan lokal bisa dikenal dan eksis lagi. Dari modal awal yang berasal dari tabungannya sendiri, kini ia bisa meraih omzet sekitar 20 – 50 juta rupiah perbulan. Dialah Rizky Aditya Putra atau biasa di panggil dengan Rizky Mahodenk ini mengawali bisnisnya saat ia baru masuk kuliah di Jurusan menejemen Fakultas ekonomi, Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya ia mencoba bisnis berjualan bunga. Ia membeli bunga di Malang kemudian menjualnya ke kampung halamannya di Kalimantan Tengah. Tapi bisnis ini tidak begitu sukses. Kemudian ia terpilih sebagai Ketua pelaksana inaugurasi FE UNIBRAW 2008, “Di acara itu saya ingat sekali acaranya minus belasan juta, dikarenakan banyaknya pengeluara

JURNALISTIK JALANAN, Tugas Besar Para Jurnalis

Ketika mayoritas orang bergembira menyambut libur lebaran, ketika mayoritas orang mulai pulang ke kampung halaman, ketika mayoritas orang bersenda gurau dengan sanak kelurga. Mereka, 'Jurnalis Jalanan' memulai tugas besarnya. Halooo…. Wah ternyata udah lama ya aku nggak nulis di blog ini. Kesibukan, adalah alasan aku jarang update nulis di blog. Sebenarnya banyak banget yang pengen aku tulis sekarang, mulai dari keseruan jalan-jalan ke MTD bersama Andrey dan Reiza, Suka duka ngerjain Program berita ‘The Expose News (TEN)’ Tugas Dasar-dasar Jurnalistik, Pengalaman menjadi kontributor majalah Hai, ketemu dengan sahabat-sahabat baru di ‘Sahabat 5cm’, tentang novel ‘2’ yang banyak quote-quote keren,  sampai tentang program ‘Metamorphoself’ku yang berisi planning dan mimpi-mimpi baruku. Tak ketinggalan tentang Hari raya idul fitri 1432 H, yang terasa banget bedanya dibanding saat aku kecil dulu. Karena terlalu banyak yang ingin ku tulis, jadinya binggung sendiri mau nulis yang man

Sekilas Profil Finalis Cak & Yuk Kab.Pasuruan 2012

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya terpilihlah 10 Pasang Finalis Cak dan Yuk Kabupaten Pasuruan 2012. Untuk mengenal lebih jauh tentang ke sepuluh pasang tersebut, berikut adalah sekilas tentang profil mereka. (versi Faris Diggory) 1. Cak Sony Nama lengkapnya adalah Sony Manggala Putra. Merupakan satu-satunya Cak wakil dari Kecamatan Prigen. Cak yang memiliki tinggi badan 179 cm ini, kuliah di Universitas Brawijaya Malang jurusan Ilmu Administrasi Negara. Cak kelahiran 17 September 1990 ini, mengidolakan sosok Ir.Soekarno dengan kutipan favoritnya ‘Kita adalah Bangsa yang besar. Jangan Jiplak budaya lain’. Sifatnya yang ramah, smart dan dewasa (salah satu angkatan tua, khe..he..he..) membuat finalis yang lain menjulukinya sebagai ‘Oom’. Kini hari-hari Cak yang suka dengan warna hitam dan hobby berolahraga ini disibukan dengan urusan Skripsi. Semangat Cak Sony... !!! Buntuti Cak Sony di @ Sony_By 2. Yuk Hanum Altina Hanum Primadhani, merupakan