Analisis Iklan Video Pasangan Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar
Pada Pilkada Jawa Barat 2013
Oleh : Faris Tri Hidayat (102022000010)
Oleh : Faris Tri Hidayat (102022000010)
Dosen Pengampu
:Drs. Hadi Ismanto, M.Si.
Video Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar berikut, merupakan salah satu contoh
Iklan Politik dalam Pilkada Jawa Barat 2013. Periklanan Politik adalah komunikasi politik yang dilakukan dari arah
SATU ke BANYAK. Periklanan mendekati khalayak sebagai individu-individu
tunggal, independen, terpisah dari kelompok yang menjadi identifikasinya dalam
masyarakat. Periklanan
politik didasarkan pada asumsi bahwa bila orang bertindak secara independen
sampai pada pilihan yang sama, maka pilihan individual itu berkonvergensi.
Tujuan
periklanan politik
dirancanag untuk membangun
“citra” kandidat atau pesan-pesan politik untuk
membangun “image politik yang positif”.
Saat ini media merupakan saluran efektif dan efisien untuk menyampaikan pesan-pesan politik yang bertujuan untuk memperkenalkan aktor politik tentang “siapa dirinya” kepada khalayak, serta berusaha mempengaruhi tindakan politik khalayak melalui pemaparan visi dan misi politik. Pesan politik adalah segala hal yang berkaitan dengan konten politik yang disampaikan bentuk lambang-lambang pembicaraan seperti kata, gambar, maupun tindakan komunikator politik.
TEORI JARUM HIPODERMIK
(Hypodermic Needle Theory)
Asumsi dasarnya: Khalayak tak berdaya dan media perkasa. Dikenal juga dengan nama teori sabuk transmisi (transmission belt
theory) atau teori peluru (the bullet theory of communication).
Tokoh – tokohnya: Wilbur Schramm, Everett M. Rogers dan Shoemaker.
Komunikator politik (politisi, aktifis, dan profesional) selalu memandang
bahwa pesan politik apapun yang disampaikan kepada khalayak, apalagi melalui
media massa, pasti menimbulkan efek positif berupa citra yang baik, penerimaan
atau dukungan. Jadi peran media sangat dipentingkan. Media terbagi dalam dua
macam yaitu, media cetak dan media elektronik. Untuk media elektronik, kampanye
Aher – Deddy ini menggunakan video yang diputar di televisi dan diunggah di
situs youtube. Selain itu mereka juga membuat akun twitter @AHER_DEMIZ
Menurut
Newman (2006) citra merupakan subyek yang menyurutkan dan
menaikkan kemampuan politisi dalam menghadapi bermacam isu dan skandal yang
muncul. Kesuksesan penciptaan citra menghendaki perhatian terhadap opini publik dan
apa yang diperdebatkan publik secara konstan. Fokus
kampanye periklanan, menurut Dan Nimmo (2000) adalah kepada siapa dan dengan akibat
apa.
Dari iklan video Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar di atas
dapat dianalisa bahwa Komunikator politik adalah Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar,
Politikus (Tim sukses) dan Profesional (Crew periklanan). Melalui media jejaring sosial komunikator politik ini bebas berkomunikasi
kepada khalayak dengan biaya yang relative murah bila dibandingkan dengan media
yang lain. Pesan yang disampaikan pun lebih humanis seperti yang ada di twitter @AHER_DEMIZ ini. Melalui media ini khalayak dapat
mengetahui sisi lain dari komunikator politik
Kepada
Siapa ? tentu saja iklan ini ditujukan untuk masyarakat
Jawa Barat sebagai khalayak mereka. Di dalam iklan tersebut menjelaskan tentang
Latar belakang pasangan, Visi – Misi, prestasi – prestasi yang pernah dicapai
dan simbol komunikasi lainnya. Seperti Logo Kancing Beureum artinya kancing berwarna merah. Kancing
Beureum merupakan kancing merah berlubang empat berbenang lima, menjadi logo
pasangan yang mempunyai slogan ‘Selalu Dekat dan Melayani’
Logo
kancing merah dengan benang putih, menunjukkan semangat ke-Indonesiaan. Adapun
4 lubang yang terdapat pada kancing tersebut, sebagai simbol 4 pilar kehidupan berbangsa dan
bernegara.4 pilar tersebut adalah : Pancasila, UUD 1945,
NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. 5 benang yang menghubungkan 4 lubang kancing
melambangkan 5 sila Pancasila. 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah
hal yang dijunjung tinggi oleh pasangan ini.
Peluncuran logo Kancing
Beureum dilakukan tanggal 1 Desember 2012 di atas KA Argo Parahiyangan Jurusan
Jakarta-Bandung. Pemilihan KA sebagai lokasi peluncuran logo Kancing Beureum
juga sarat makna. "Pemerintah Jawa Barat berkomitmen tinggi untuk
mendukung moda transportasi massal dan pro rakyat" (A. Heryawan -
1/12/2012). Secara resmi pasangan ini juga menggunakan pakaian putih sebagai
padanan Kancing Beureum. Baju putih berlambang bendera merah - putih di dada
kiri merujuk pada keberanian mengusung kebenaran & sikap anti korupsi.
Dengan
Akibat apa ? Melalui media yang secara massive dilakukan pasangan ini membuat khalayak menjadi familiar dengan sosok Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar sehingga secara sadar ataupun tidak sosok mereka sudah menempel di benak khalayak yang menjadi pemilih pilkada Jawa Barat. Citra yang positif dari keduanya, tract record yang bagus dan strategi komunikasi yang menarik perhatian khalayak akhirnya membuat pasangan nomer empat ini dengan sukses memenangkan pilkada Jawa Barat.
Sumber :
www.youtube.com
http://chirpstory.com/li/38786
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-komunikasi-politik-definisi.html
http://www.anneahira.com/teori-komunikasi-politik.htm
Sumber :
www.youtube.com
http://chirpstory.com/li/38786
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-komunikasi-politik-definisi.html
http://www.anneahira.com/teori-komunikasi-politik.htm
Komentar
Posting Komentar