CIRI – CIRI KOMUNIKASI MASSA
1. Komunikator dalam Komunikasi Massa Melembaga
Hai adalah satu-satunya majalah di Indonesia yang ditujukan untuk remaja laki – laki . Isinya menyangkut segala hal yang berkenaan dengan dunia remaja. Karena itu Hai memuat segala artikel yang berkenaan dengan gaya hidup. Mulai dari musik, film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, teknologi, olahraga, psikologi, pendidikan seks, dan tentu saja cerita pendek dan komik.
Majalah Hai terbit pertama kali pada 5 Januari 1977. Majalah Hai merupakan salah satu Produk dari Kelompok Gramedia Majalah yang Redakturnya berkantor di Jl.Panjang no 8a, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Dalam Redaksi Majalah Hai terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :
· Editorial Staff (Journalist)
· Graphic Designer
· Photographers
· Illustrator
· Layouter
· Library & Research
· Editorial Secretary
· Marketing
· Promotion
· Housekeeping
Selain memiliki staff tetap tersebut Majalah Hai juga memberi kesempatan kepada para pembacanya yang tertarik dalam bidang jurnalistik untuk menjadi Kontributor Majalah Hai, yang tugasnya adalah mencari dan menulis berita di sekitarnya dan apabila di muat akan mendapat honor.
2. Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat Heterogen
Walaupun Majalah jelas tersegmen kepada Remaja Laki – laki, tapi komunikan majalah Hai tetaplah bersifat Heterogen karena kalau dilihat dari tingkat pendidikannya pembaca Hai terdiri dari pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa. Selain itu majalah Hai yang tersebar ke seluruh Indonesia juga menjadikan pembacanya sangat beragam karena terdiri dari bermacam – macam suku, agama, tempat tinggal, sekolah, usia dll.
3. Pesannya Bersifat Umum
Begitu juga dengan pesan dari majalah Hai, walaupun majalah ini mengkhususkan membahas seputar dunia remaja laki – laki, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Umum disini berarti bahwa tidak tertutup kemungkinan majalah tersebut dibaca orang dewasa atau pembaca perempuan. Jadi meskipun segmentasinya untuk remaja laki – laki tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah rubrikasi yang terdapat dalam majalah Hai :
· Index (Daftar isi)
· Editorial (Catatan Redaksi)
· Memo (Surat Pembaca)
· Hai Star (Berita Selebritis)
· Cewek Hai (Model perempuan pilihan Hai)
· Fashion Section (Rubrik tentang Fashion )
· Oncd Upon A Time (Rubrik semacam biografi sesorang)
· Heroes Among Us (Rubrik tentang wirausaha muda)
· School Section (Rubrik tentang sekolah
· School Project (Rubrik tentang acara / event yang ada di sekolah)
· Bar – Bar (Barang Baru, rekomendasi produk terbaru)
· Musik Hai (Rubrik tentang musik)
· Art Section (Rubrik tentang karya kiriman pembaca)
· Movie Section (Rubrik tentang Film)
· Psychofun (Rubrik tantang Tanya jawab masalah seputar remaja)
· Music Section (Rubrik tentang music pilihan Hai)
· Automotive Section (Rubrik tentang otomotif)
· Sport Section ((Rubrik tentang olahraga)
· Comic
· Fiksi (Cerpen)
· What’s On (Kabar terbaru)
· Game (Rubrik tentang game)
· Shops (Informasi tentang Toko barang-barang yg dipajang dlm edisi tersebut)
· Next Edition (Hai Edisi selanjutnya)
4. Komunikasinya Bersifat Satu Arah
Arah komunikasi dalam majalah Hai bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pembaca) dapat mengirimkan surat atau pendapatnya tapi tetap saja hal ini bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).
Editorial Office :
Jl.Panjang 8a Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530 Indonesia
E-mail : hai_magazine@gramedia-majalah.com
Webaite : www.hai-online.com
Fanpage : facebook.com/haipage
5. Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan
Majalah merupakan majalah mingguan yang terbit secara serempak setiap hari senin. Hal ini berarti komunikan (pembaca) dapat mendapatkan pesan dari majalah Hai secara serempak dan bersama – sama juga pesan yang disampaikan dalam satu edisi pun sama dengan di daerah lainnya. Selain dari sisi distribusi keserempakan juga dapat dilihat dari segi pemilihan kata – kata atau kalimat dalam majalah Hai yang menggunakan bahasa popular atau ringan agar pesannya dapat diterima oleh semua kalangan.
6. Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis
Dalam proses penerbitannya Majalah Hai tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Sistem Cetak Jarak Jauh, Satelit, Internet, Mesin cetak dll.
7. Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper
Gatekeeper atau dalam istilah redaksi disebut dengan Editor, adalah orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Gatekeeper merupakan orang yang mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Berikut adalah Gatekeeper yang terdapat dalam redaktur majalah Hai :
JTV yang merupakan singkatan dari Jawa Pos Media Televisi, adalah sebuah stasiun televisi swasta regional di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar hingga saat ini.
Diluncurkan pada tanggal 8 November 2001 Jaringan JPMC (Jawa Pos Multimedia Corporation) di bawah perusahaan PT. JAWA POS MEDIA TELEVISI Kantor pusatnya berlokasi di JTV Building, Graha Pena Jl. A. Yani No. 88, Surabaya 60231 Jawa Timur. Dalam Redaksi JTV terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :
· Editorial Staff (Journalist)
· Graphic Designer
· Photographers
· Illustrator
· Producer
· Director
· Cameramen
· Library & Research
· Editorial Secretary
· Marketing
· Promotion
· Housekeeping
2.
Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat
Heterogen
Walaupun JTV tersegmen kepada masyarakat Jawa Timur, tapi komunikan JTV tetaplah bersifat Heterogen. Hal ini dapat dilihat dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, agama, tempat tinggal, sekolah, etnis dll.
3. Pesannya Bersifat Umum
Begitu juga dengan pesan dari JTV, walaupun beberapa acara dalam stasiun TV ini menggunakan bahasa Jawa Timuran, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Jadi meskipun segmentasinya untuk masyarakat Jawa Timur tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah program acara yang terdapat dalam JTV :
· Jatim Isuk
· Jatim Awan
· Dialog khusus
· Pojok 7
· Pojok Kampung
· Berita Minggu
· Warung VOA (Voice Of America)
· Pendopo Rakyat
· J-Trax GeRR
· Sosok Sore Hore
· B CAK (Berita Kocak)
· Selebrita Selebriti
· Stasiun Dangdut
· Alternatif Jaga
· Solusi Sehat
· Lejel Home Shopping JACO Home Shopping DRTV
· Senam Pokse
· Super Wani
· Kartolo Cangkru'an
· Ngetoprak
· Oto-J
· Dangdut ZR
4. Komunikasinya Bersifat Satu Arah
Arah komunikasi dalam JTV bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pemirsa) dapat menelpon tapi tetap saja hal ini tidak sama dengan komunikasi dua arah dalam komunikasi interpersonal, karena komunikasi massa bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).
5. Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan
Komunikan (pemirsa) menerima pesan atau siaran dari JTV secara serempak dan bersama – sama.
6. Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis
Dalam proses siarannya, JTV tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Satelit, Internet, dll.
7. Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper
Gatekeeper merupakan orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Oleh karena itu Gatekeeper mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Salah satu contoh Gatekeeper dalam JTV adalah Bapak H. IMAM SAFEI selaku Pimpinan Redaksi JTV Jatim.
A.
Analisis
Media Cetak pada Majalah HAI
Logo Majalah Hai 2005 - Present |
1. Komunikator dalam Komunikasi Massa Melembaga
Hai adalah satu-satunya majalah di Indonesia yang ditujukan untuk remaja laki – laki . Isinya menyangkut segala hal yang berkenaan dengan dunia remaja. Karena itu Hai memuat segala artikel yang berkenaan dengan gaya hidup. Mulai dari musik, film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, teknologi, olahraga, psikologi, pendidikan seks, dan tentu saja cerita pendek dan komik.
Majalah Hai terbit pertama kali pada 5 Januari 1977. Majalah Hai merupakan salah satu Produk dari Kelompok Gramedia Majalah yang Redakturnya berkantor di Jl.Panjang no 8a, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Dalam Redaksi Majalah Hai terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :
· Editorial Staff (Journalist)
· Graphic Designer
· Photographers
· Illustrator
· Layouter
· Library & Research
· Editorial Secretary
· Marketing
· Promotion
· Housekeeping
Selain memiliki staff tetap tersebut Majalah Hai juga memberi kesempatan kepada para pembacanya yang tertarik dalam bidang jurnalistik untuk menjadi Kontributor Majalah Hai, yang tugasnya adalah mencari dan menulis berita di sekitarnya dan apabila di muat akan mendapat honor.
2. Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat Heterogen
Walaupun Majalah jelas tersegmen kepada Remaja Laki – laki, tapi komunikan majalah Hai tetaplah bersifat Heterogen karena kalau dilihat dari tingkat pendidikannya pembaca Hai terdiri dari pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa. Selain itu majalah Hai yang tersebar ke seluruh Indonesia juga menjadikan pembacanya sangat beragam karena terdiri dari bermacam – macam suku, agama, tempat tinggal, sekolah, usia dll.
3. Pesannya Bersifat Umum
Begitu juga dengan pesan dari majalah Hai, walaupun majalah ini mengkhususkan membahas seputar dunia remaja laki – laki, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Umum disini berarti bahwa tidak tertutup kemungkinan majalah tersebut dibaca orang dewasa atau pembaca perempuan. Jadi meskipun segmentasinya untuk remaja laki – laki tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah rubrikasi yang terdapat dalam majalah Hai :
· Index (Daftar isi)
· Editorial (Catatan Redaksi)
· Memo (Surat Pembaca)
· Hai Star (Berita Selebritis)
· Cewek Hai (Model perempuan pilihan Hai)
· Fashion Section (Rubrik tentang Fashion )
· Oncd Upon A Time (Rubrik semacam biografi sesorang)
· Heroes Among Us (Rubrik tentang wirausaha muda)
· School Section (Rubrik tentang sekolah
· School Project (Rubrik tentang acara / event yang ada di sekolah)
· Bar – Bar (Barang Baru, rekomendasi produk terbaru)
· Musik Hai (Rubrik tentang musik)
· Art Section (Rubrik tentang karya kiriman pembaca)
· Movie Section (Rubrik tentang Film)
· Psychofun (Rubrik tantang Tanya jawab masalah seputar remaja)
· Music Section (Rubrik tentang music pilihan Hai)
· Automotive Section (Rubrik tentang otomotif)
· Sport Section ((Rubrik tentang olahraga)
· Comic
· Fiksi (Cerpen)
· What’s On (Kabar terbaru)
· Game (Rubrik tentang game)
· Shops (Informasi tentang Toko barang-barang yg dipajang dlm edisi tersebut)
· Next Edition (Hai Edisi selanjutnya)
4. Komunikasinya Bersifat Satu Arah
Arah komunikasi dalam majalah Hai bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pembaca) dapat mengirimkan surat atau pendapatnya tapi tetap saja hal ini bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).
Editorial Office :
Jl.Panjang 8a Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530 Indonesia
E-mail : hai_magazine@gramedia-majalah.com
Webaite : www.hai-online.com
Fanpage : facebook.com/haipage
5. Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan
Majalah merupakan majalah mingguan yang terbit secara serempak setiap hari senin. Hal ini berarti komunikan (pembaca) dapat mendapatkan pesan dari majalah Hai secara serempak dan bersama – sama juga pesan yang disampaikan dalam satu edisi pun sama dengan di daerah lainnya. Selain dari sisi distribusi keserempakan juga dapat dilihat dari segi pemilihan kata – kata atau kalimat dalam majalah Hai yang menggunakan bahasa popular atau ringan agar pesannya dapat diterima oleh semua kalangan.
6. Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis
Dalam proses penerbitannya Majalah Hai tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Sistem Cetak Jarak Jauh, Satelit, Internet, Mesin cetak dll.
7. Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper
Gatekeeper atau dalam istilah redaksi disebut dengan Editor, adalah orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Gatekeeper merupakan orang yang mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Berikut adalah Gatekeeper yang terdapat dalam redaktur majalah Hai :
·
Editor in chief : Danie Satrio
·
Managing Editor : Junior Respati
·
Print Editor :
Sri Ayu Ambarwati
·
Digital Editor : Yorgi Gusman
·
Online Coordinator : Andwi F Larasati
·
Visual Editor :
Joko Prayitno
·
Art Director :
Dosir Weis
· Photo Coordinator : Budi Ismail
· Photo Coordinator : Budi Ismail
Salah Satu Cover Majalah Hai |
B.
Analisis
Media Elektronik pada JTV
1. Komunikator
dalam Komunikasi Massa Melembaga
JTV yang merupakan singkatan dari Jawa Pos Media Televisi, adalah sebuah stasiun televisi swasta regional di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar hingga saat ini.
Diluncurkan pada tanggal 8 November 2001 Jaringan JPMC (Jawa Pos Multimedia Corporation) di bawah perusahaan PT. JAWA POS MEDIA TELEVISI Kantor pusatnya berlokasi di JTV Building, Graha Pena Jl. A. Yani No. 88, Surabaya 60231 Jawa Timur. Dalam Redaksi JTV terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :
· Editorial Staff (Journalist)
· Graphic Designer
· Photographers
· Illustrator
· Producer
· Director
· Cameramen
· Library & Research
· Editorial Secretary
· Marketing
· Promotion
· Housekeeping
Walaupun JTV tersegmen kepada masyarakat Jawa Timur, tapi komunikan JTV tetaplah bersifat Heterogen. Hal ini dapat dilihat dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, agama, tempat tinggal, sekolah, etnis dll.
3. Pesannya Bersifat Umum
Begitu juga dengan pesan dari JTV, walaupun beberapa acara dalam stasiun TV ini menggunakan bahasa Jawa Timuran, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Jadi meskipun segmentasinya untuk masyarakat Jawa Timur tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah program acara yang terdapat dalam JTV :
· Jatim Isuk
· Jatim Awan
· Dialog khusus
· Pojok 7
· Pojok Kampung
· Berita Minggu
· Warung VOA (Voice Of America)
· Pendopo Rakyat
· J-Trax GeRR
· Sosok Sore Hore
· B CAK (Berita Kocak)
· Selebrita Selebriti
· Stasiun Dangdut
· Alternatif Jaga
· Solusi Sehat
· Lejel Home Shopping JACO Home Shopping DRTV
· Senam Pokse
· Super Wani
· Kartolo Cangkru'an
· Ngetoprak
· Oto-J
· Dangdut ZR
4. Komunikasinya Bersifat Satu Arah
Arah komunikasi dalam JTV bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pemirsa) dapat menelpon tapi tetap saja hal ini tidak sama dengan komunikasi dua arah dalam komunikasi interpersonal, karena komunikasi massa bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).
5. Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan
Komunikan (pemirsa) menerima pesan atau siaran dari JTV secara serempak dan bersama – sama.
6. Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis
Dalam proses siarannya, JTV tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Satelit, Internet, dll.
7. Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper
Gatekeeper merupakan orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Oleh karena itu Gatekeeper mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Salah satu contoh Gatekeeper dalam JTV adalah Bapak H. IMAM SAFEI selaku Pimpinan Redaksi JTV Jatim.
Salah Satu Acara di JTV |
Komentar
Posting Komentar