Langsung ke konten utama

Tugas 2 (Komunikasi Massa)

CIRI – CIRI KOMUNIKASI MASSA

A.   Analisis Media Cetak pada Majalah HAI
Logo Majalah Hai 2005 - Present

1.    Komunikator dalam Komunikasi Massa Melembaga

Hai adalah satu-satunya majalah di Indonesia yang ditujukan untuk remaja laki – laki . Isinya menyangkut segala hal yang berkenaan dengan dunia remaja. Karena itu Hai memuat segala artikel yang berkenaan dengan gaya hidup. Mulai dari musik, film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, teknologi, olahraga, psikologi, pendidikan seks, dan tentu saja cerita pendek dan komik.

Majalah Hai terbit pertama kali pada 5 Januari 1977. Majalah Hai merupakan salah satu Produk dari Kelompok Gramedia Majalah yang Redakturnya berkantor di Jl.Panjang no 8a, Kebon Jeruk Jakarta Barat.  Dalam Redaksi Majalah Hai terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :

·         Editorial Staff (Journalist)
·         Graphic Designer
·         Photographers
·         Illustrator
·         Layouter
·         Library & Research
·         Editorial Secretary
·         Marketing
·         Promotion
·         Housekeeping

Selain memiliki staff tetap tersebut Majalah Hai juga memberi kesempatan kepada para pembacanya yang tertarik dalam bidang jurnalistik untuk menjadi Kontributor Majalah Hai, yang tugasnya adalah mencari dan menulis berita di sekitarnya dan apabila di muat akan mendapat honor.

2.    Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat Heterogen

Walaupun Majalah jelas tersegmen kepada Remaja Laki – laki, tapi komunikan majalah Hai tetaplah bersifat Heterogen karena kalau dilihat dari tingkat pendidikannya pembaca Hai terdiri dari pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa. Selain itu majalah Hai yang tersebar ke seluruh Indonesia juga menjadikan pembacanya sangat beragam karena terdiri dari bermacam – macam suku, agama, tempat tinggal, sekolah, usia dll.

3.    Pesannya Bersifat Umum

Begitu juga dengan pesan dari majalah Hai, walaupun majalah ini mengkhususkan membahas seputar dunia remaja laki – laki, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Umum disini berarti bahwa tidak tertutup kemungkinan majalah tersebut dibaca orang dewasa atau pembaca perempuan. Jadi meskipun segmentasinya untuk remaja laki – laki tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah rubrikasi yang terdapat dalam majalah Hai :

·         Index (Daftar isi)
·         Editorial (Catatan Redaksi)
·         Memo (Surat Pembaca)
·         Hai Star (Berita Selebritis)
·         Cewek Hai (Model perempuan pilihan Hai)
·         Fashion Section (Rubrik tentang Fashion )
·         Oncd Upon A Time (Rubrik semacam biografi sesorang)
·         Heroes Among Us (Rubrik tentang wirausaha muda)
·         School Section (Rubrik tentang sekolah
·         School Project (Rubrik tentang acara / event yang ada di sekolah)
·         Bar – Bar (Barang Baru, rekomendasi produk terbaru)
·         Musik Hai (Rubrik tentang musik)
·         Art Section (Rubrik tentang karya kiriman pembaca)
·         Movie Section (Rubrik tentang Film)
·         Psychofun (Rubrik tantang Tanya jawab masalah seputar remaja)
·         Music Section (Rubrik tentang music pilihan Hai)
·         Automotive Section (Rubrik tentang otomotif)
·         Sport Section ((Rubrik tentang olahraga)
·         Comic
·         Fiksi (Cerpen)
·         What’s On (Kabar terbaru)
·         Game (Rubrik tentang game)
·         Shops (Informasi tentang Toko barang-barang yg dipajang dlm edisi tersebut)
·         Next Edition (Hai Edisi selanjutnya)

4.    Komunikasinya Bersifat Satu Arah

Arah komunikasi dalam majalah Hai bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pembaca) dapat mengirimkan surat atau pendapatnya tapi tetap saja hal ini bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).

Editorial Office :
Jl.Panjang 8a Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530 Indonesia
E-mail            : hai_magazine@gramedia-majalah.com
Webaite         : www.hai-online.com
Fanpage        : facebook.com/haipage


5.    Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan

Majalah merupakan majalah mingguan yang terbit secara serempak setiap hari senin. Hal ini berarti komunikan (pembaca) dapat mendapatkan pesan dari majalah Hai secara serempak dan bersama – sama juga pesan yang disampaikan dalam satu edisi pun sama dengan di daerah lainnya. Selain dari sisi distribusi keserempakan juga dapat dilihat dari segi pemilihan kata – kata atau kalimat dalam majalah Hai yang menggunakan bahasa popular atau ringan agar pesannya dapat diterima oleh semua kalangan.

6.    Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis

Dalam proses penerbitannya Majalah Hai tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Sistem Cetak Jarak Jauh, Satelit, Internet, Mesin cetak dll.

7.    Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper

Gatekeeper atau dalam istilah redaksi disebut dengan Editor, adalah orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Gatekeeper merupakan orang yang mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Berikut adalah Gatekeeper yang terdapat dalam redaktur majalah Hai :
·         Editor in chief           : Danie Satrio

·         Managing Editor      : Junior Respati

·         Print Editor               : Sri Ayu Ambarwati

·         Digital Editor             : Yorgi Gusman

·         Online Coordinator  : Andwi F Larasati

·         Visual Editor             : Joko Prayitno

·         Art Director                : Dosir Weis


·         Photo Coordinator   : Budi Ismail
Salah Satu Cover Majalah Hai


B.   Analisis Media Elektronik pada JTV

Logo JTV 2012 - Present
 
1.    Komunikator dalam Komunikasi Massa Melembaga

JTV yang merupakan singkatan dari Jawa Pos Media Televisi, adalah sebuah stasiun televisi swasta regional di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar hingga saat ini.

Diluncurkan pada tanggal 8 November 2001 Jaringan JPMC (Jawa Pos Multimedia Corporation) di bawah perusahaan PT. JAWA POS MEDIA TELEVISI Kantor pusatnya berlokasi di JTV Building, Graha Pena Jl. A. Yani No. 88, Surabaya 60231 Jawa Timur. Dalam Redaksi JTV  terdapat beberapa orang yang mempunyai tugasnya masing – masing diantaranya :

·         Editorial Staff (Journalist)
·         Graphic Designer
·         Photographers
·         Illustrator
·         Producer
·         Director
·         Cameramen
·         Library & Research
·         Editorial Secretary
·         Marketing
·         Promotion
·         Housekeeping
 
2.    Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat Heterogen

Walaupun JTV tersegmen kepada masyarakat Jawa Timur, tapi komunikan JTV tetaplah bersifat Heterogen. Hal ini dapat  dilihat dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, agama, tempat tinggal, sekolah, etnis dll.

3.    Pesannya Bersifat Umum

Begitu juga dengan pesan dari JTV, walaupun beberapa acara dalam stasiun TV ini menggunakan bahasa Jawa Timuran, namun pesan yang disampaikannya masih bersifat umum. Jadi meskipun segmentasinya untuk masyarakat Jawa Timur tetapi tetap tidak kehilangan cirinya yang umum. Berikut adalah program acara yang terdapat dalam JTV :

·         Jatim Isuk
·         Jatim Awan
·         Dialog khusus
·         Pojok 7
·         Pojok Kampung
·         Berita Minggu
·         Warung VOA (Voice Of America)
·         Pendopo Rakyat
·         J-Trax GeRR
·         Sosok Sore Hore
·         B CAK (Berita Kocak)
·         Selebrita Selebriti
·         Stasiun Dangdut
·         Alternatif Jaga
·         Solusi Sehat
·         Lejel Home Shopping JACO Home Shopping DRTV
·         Senam Pokse
·         Super Wani
·         Kartolo Cangkru'an
·         Ngetoprak
·         Oto-J
·         Dangdut ZR

4.    Komunikasinya Bersifat Satu Arah

Arah komunikasi dalam JTV bersifat satu arah karena komunikan (pembaca) tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikator (majalah Hai). Walaupun komunikan (pemirsa) dapat menelpon tapi tetap saja hal ini tidak sama dengan komunikasi dua arah dalam komunikasi interpersonal, karena komunikasi massa bersifat tunda atau tidak langsung (delayed feedback).

5.    Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan

Komunikan (pemirsa) menerima pesan atau siaran dari JTV secara serempak dan bersama – sama.

6.    Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis

Dalam proses siarannya, JTV tentunya sangat mengandalkan peralatan teknis seperti, Komputer, Camera, Satelit, Internet, dll.


7.    Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper

Gatekeeper merupakan orang yang bertugas menyaring, menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Oleh karena itu Gatekeeper mempunyai tanggung jawab dan sangat berpengaruh dalam menentukan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan (pembaca). Salah satu contoh Gatekeeper dalam JTV adalah Bapak H. IMAM SAFEI selaku Pimpinan Redaksi JTV Jatim.


Salah Satu Acara di JTV

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIZKY MAHODENK, FROM ZERO TO HERO

Rizky Aditya Putra, pemuda 21 tahun asal Kalimantan Tengah sukses berwirausaha di bidang indie clothing dengan brand Mahodenk Hero. Berawal dari keprihatinannya karena generasi muda saat ini banyak mengidolakan super hero asing. Mahodenk Hero beraksi dengan design-design super hero asli Indonesia, agar para jagoan lokal bisa dikenal dan eksis lagi. Dari modal awal yang berasal dari tabungannya sendiri, kini ia bisa meraih omzet sekitar 20 – 50 juta rupiah perbulan. Dialah Rizky Aditya Putra atau biasa di panggil dengan Rizky Mahodenk ini mengawali bisnisnya saat ia baru masuk kuliah di Jurusan menejemen Fakultas ekonomi, Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya ia mencoba bisnis berjualan bunga. Ia membeli bunga di Malang kemudian menjualnya ke kampung halamannya di Kalimantan Tengah. Tapi bisnis ini tidak begitu sukses. Kemudian ia terpilih sebagai Ketua pelaksana inaugurasi FE UNIBRAW 2008, “Di acara itu saya ingat sekali acaranya minus belasan juta, dikarenakan banyaknya pengeluara

JURNALISTIK JALANAN, Tugas Besar Para Jurnalis

Ketika mayoritas orang bergembira menyambut libur lebaran, ketika mayoritas orang mulai pulang ke kampung halaman, ketika mayoritas orang bersenda gurau dengan sanak kelurga. Mereka, 'Jurnalis Jalanan' memulai tugas besarnya. Halooo…. Wah ternyata udah lama ya aku nggak nulis di blog ini. Kesibukan, adalah alasan aku jarang update nulis di blog. Sebenarnya banyak banget yang pengen aku tulis sekarang, mulai dari keseruan jalan-jalan ke MTD bersama Andrey dan Reiza, Suka duka ngerjain Program berita ‘The Expose News (TEN)’ Tugas Dasar-dasar Jurnalistik, Pengalaman menjadi kontributor majalah Hai, ketemu dengan sahabat-sahabat baru di ‘Sahabat 5cm’, tentang novel ‘2’ yang banyak quote-quote keren,  sampai tentang program ‘Metamorphoself’ku yang berisi planning dan mimpi-mimpi baruku. Tak ketinggalan tentang Hari raya idul fitri 1432 H, yang terasa banget bedanya dibanding saat aku kecil dulu. Karena terlalu banyak yang ingin ku tulis, jadinya binggung sendiri mau nulis yang man

Sekilas Profil Finalis Cak & Yuk Kab.Pasuruan 2012

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya terpilihlah 10 Pasang Finalis Cak dan Yuk Kabupaten Pasuruan 2012. Untuk mengenal lebih jauh tentang ke sepuluh pasang tersebut, berikut adalah sekilas tentang profil mereka. (versi Faris Diggory) 1. Cak Sony Nama lengkapnya adalah Sony Manggala Putra. Merupakan satu-satunya Cak wakil dari Kecamatan Prigen. Cak yang memiliki tinggi badan 179 cm ini, kuliah di Universitas Brawijaya Malang jurusan Ilmu Administrasi Negara. Cak kelahiran 17 September 1990 ini, mengidolakan sosok Ir.Soekarno dengan kutipan favoritnya ‘Kita adalah Bangsa yang besar. Jangan Jiplak budaya lain’. Sifatnya yang ramah, smart dan dewasa (salah satu angkatan tua, khe..he..he..) membuat finalis yang lain menjulukinya sebagai ‘Oom’. Kini hari-hari Cak yang suka dengan warna hitam dan hobby berolahraga ini disibukan dengan urusan Skripsi. Semangat Cak Sony... !!! Buntuti Cak Sony di @ Sony_By 2. Yuk Hanum Altina Hanum Primadhani, merupakan